Home » » Resep Ayam Pop Istimewa dan Enak

Resep Ayam Pop Istimewa dan Enak


Akhirnya tambah lagi satu menu dari daging ayam. Nama menu ini adalah resep ayam pop. Terdengar unik mungkin dari namanya, tapi jangan salah, apabila anda mencoba rasanya pasti anda tidak ingin berhenti mengunyah. Menu satu ini juga selalu menjadi menu andalan di berbagai resto terkenal di kota-kota besar. Oke tidak perlu menunggu lama, mari kita langsung bahas cara membuatnya.
Advertisement

Bahan utama :

·         1 ekor ayam kampung yang sudah dibersihkan tanpa kulit, potong menjadi beberapa bagian.
·         3 lembar daun salam
·         3 lembar daun jeruk
·         350 ml air kelapa segar
·         1 ruas jari lengkuas
·         1 ruas jahe
·         1 ruas lengkuas
·         Minyak goreng

Bahan yang dihaluskan :

·         7 siung bawang merah
·         4 butir bawang putih
·         4 butir kemiri
·         Setengah sendok makan garam

Bahan untuk sambal :

·         12 cabai merah
·         7 buah cabai rawit
·         5 siung bawang merah
·         1 buah tomat segar
·         Gula dan garam secukupnya
·         Air hangat
·         Air perasan jeruk nipis


Cara membuat ayam pop :

1.     Siapkan daging ayam yang sudah di potong, balur dengan bumbu halus yang sudah ada. Diamkan sekitar 30 menit hingga 1 jam sampai bumbu meresap ke daging.
2.     Gunakan air kelapa untuk merebus daging ayam yang sudah dibumbui dan meresap. Masukan jahe, salam, lengkuas, daun jeruk, daun salam. Rebus hingga daging empuk dan air sudah meresap / mengering. Angkat kemudian tiriskan terlebih dahulu.
3.     Panaskan minyak goreng, setelah itu goreng daging ayam yang sudah anda tiriskan. Jangan terlalu lama, cukup goreng sebentar saja. Angkat dan tiriskan kembali.
4.     Langkah terakhir adalah membuat sambal-nya. Rebus terlebih dahulu semua cabai, tomat, bawang pada air mendidih, cukup sebentar saja. Setelah itu tiriskan, dan sambil menunggu tiris, panaskan kembali minyak goreng, kemudian tumis semua bumbu sambal-nya. Haluskan.

Demikian resep ayam pop yang banyak digemari para pecinta kuliner. Semoga dapat menjadi referensi menu masakan baru bagi anda dan keluarga. Selamat mencoba sendiri dirumah. Dan jangan lupa juga untuk melihat menu lainnya, seperti : resep gulai daging yang tidak kalah lezat nya.
Advertisement

1 comments:

  1. Halooo..kunjungan balik nih :) Ayam pop favorite saya kalo ke resto Padang. Wah jadi kangen ayam pop deh... Salam kenal dan makasih sudah mampir ya.

    ReplyDelete

Popular Posts