Home » , , , » Resep Tempe Mendoan Khas Banyumas Jawa Tengah

Resep Tempe Mendoan Khas Banyumas Jawa Tengah


Dapur koki masak kali ini akan membahas resep masakan khas dari daerah banyumas, jawa tengah. Selain terkenal dengan acara kentongannya dan udara yang sejuk, banyumas juga tentu memiliki masakan khas yang akan memanjakan lidah setiap wisatawan lokal atau mancanegara yang berkunjung. Nama menunya adalah mendoan. Susah-susah gampang mempang membuat menu yang satu ini, namun pada pembahasan resep tempe mendoan khas banyumas kali ini akan terdapat informasi bagaimana cara menggoreng tempe agar tidak hancur dan juga tidak menjadi keras. Sedikit berbeda dengan tempe goreng lainnya, mendoan memiliki tekstur lebih kenyal dan basah. Oke tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita langsung coba saja membuat menu khas yang satu ini.
Bahan utama :

- Tempe dengan ukuran lebar, iris tipis.
- Tepung terigu
- Air mineral matang
- Daun bawang, iris halus
- Minyak goreng

Bumbu yang perlu dihaluskan :

- Bawang merah
- Bawang putih
- 1 sendok makan ketumbar
- Kemiri
- Kencur
- Kunyit yang dibakar

Proses membuat resep tempe mendoan :
  1. Campur semua bahan menjadi satu, yang terdiri dari tepung terigu, air mineral, bumbu yang sudah dihaluskan, garam serta daun bawang.
  2. Aduk adonan sampai semua tercampur rata. Kemudian celupkan irisan tempe kedalam adonan secara perlahan. Apabila kurang hati-hati tempe akan pecah.
  3. Masukan tempe yang sudah terbalur adonan tepung dengan bumbu kedalam minyak panas. Dalam menggoreng tempe mendoan tidak perlu terlalu lama, cukup menggulingkan bagian depan dan belakang nya beberapa kali saja hingga warna sedikit berubah kekuningan. Disarankan menggunakan capitan sebagai pengganti spatula agar mempermudah dalam proses penggorengan.
  4. Angkat, kemudian hidangkan panas.

Demikian proses cara membuat tempe mendoan. Mudah bukan membuat sendiri panganan berbahan dasar tempe khas banyumas ini. Panganan ini sangat cocok sekali apabila dimakan bersama dengan cabai rawit dan kumpul bareng teman atau keluarga anda.

Apabila anda tertarik dengan menu lainnya, silahkan lihat juga : resep udang asam manis lezat dan istimewa.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts